Pembubaran JI Ditandai Penyerahan Senjata Api

Pembubaran JI Ditandai Penyerahan Senjata Api

Read Time:1 Minute, 3 Second

CELEBES IMAGES, Makassar – Kapolda Sulsel, Irjen Pol Yudiawan Wibisono sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Jemaah Islamiah yang telah kembali kepangkuan Ibu Pertiwi.

“Ini hal yang menggembirakan kita semua bahwa mereka, saudara kita yang kembali ke pangkuan Pertiwi, dengan membubarkan diri,” kata Yudiawan terpisah.

Ia menjelaskan, sebanyak 140 jemaah Islamiah (JI) yang tersebar di Sulawesi, resmi membubarkan diri. Pembubaran ditandai pembacaan pernyataan sikap hingga penyerahan senjata api.

Dari 140 jemaah ini, masing-masing, 108 jemaah asal Sulsel, 1 jemaah asal Sulbar, 13 jemaah asal Sulteng dan juga sebanyak 18 jemaah dari Sultra.

“Acara pembubaran dengan pembacaan pernyataan sikap dan penyerahan senjata sebagai simbolis. Itu (senjata) merupakan simbol -simbol perlawanan dan itu diserahkan secara simbolis jadi bukan mereka pakai, itu simbolis mereka kembali ke pangkuan NKRI,” tegasnya.

Kedepannya, lanjut Yudiawan, akan terus membuka diri hingga melakukan komunikasi dan pembinaan berkelanjutan kepada eks jemaah islamiyah guna menjaga ketertiban wilayah Sulawesi terkhusus di Sulawesi Selatan.

Ia juga berjanji akan memberikan kesempatan pada anak atau keluarga jemaah Islamiyah untuk tetap mendapatkan pendidikan layak hingga pekerjaan di NKRI. Termasuk, menjadi anggota Polri.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat Sulsel untuk bergandengan tangan bekerjasama menjaga situasi kamtibmas serta menghilangkan paham paham inteloranisme, radikalisme dan terorisme, agar situasi di daerah kita berlangsung aman dan kondusif,” harapnya.

foto dan Naskah : Fauzan

redaksi.celebesimages@gmail.com | + posts