Tari Maggiri, Tarian Komunitas Bissu Sebelum Ritual Mappalili Arajang

Tari Maggiri, Tarian Komunitas Bissu Sebelum Ritual Mappalili Arajang

Read Time:52 Second

CELEBES IMAGES – Mappalili Arajang (mengarak alat bajak sawah) merupakan ritual sebelum turun sawah sebagai tanda awal musim tanam padi bagi masyarakat  Sigeri, Mappalili sendiri memiliki berbagai urutan ritual yaitu Matteddu Arajang, Mappalesso Arajang, Maggiri dan Mappalili Arajang.

Tari Maggiri adalah tarian adat masyarakat Bugis yang dipertunjukkan oleh seorang atau beberapa orang bissu. Tarian Maggiri merupakan salah satu dari urutan ritual Mappalili Arajang. Dalam tarian Maggiri, penari bissu menusuk-nusukkan keris/ badik ke tubuhnya, terutama ke bagian-bagian tubuh yang vital, seperti leher, perut, dan pergelangan tangan. 

Arfah Ramlan

Persiapan Tarian Maggiri

Komunitas Bissu saat melakukan persiapan sebelum memulai prosesi ritual tarian maggiri pada acara adat Mappalili Arajang di kampung adat Bissu, Sigeri, Pangkep, Sulawesi Selatan.

Menari dan Mengelilingi

Komunitas Bissu saat menampilkan tarian pada acara pesta adat Mappalili Arajang di kampung adat Bissu, Sigeri, Pangkep, Sulawesi Selatan. Tarian ini merupakan rangkaian dari ritual Maggiri dimana para Bissu mengelilingi ruangan sambil memegang benda pusaka.

Tarian Maggiri

Komunitas Bissu menampilkan ritual Maggiri pada acara pesta adat   Mappalili Arajang di kampung adat Bissu, Sigeri, Pangkep, Sulawesi Selatan.

hi.celebesimages@gmail.com | Website | + posts